Desa Nanjung Mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bandung

Desa Nanjung Mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bandung

Desa Nanjung - Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bandung yangdiselenggarakan pada tanggal 5 september 2018 yang diselenggarakan di Desa Nanjung.

Perlombaan Desa merupakan satu di antara indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan Kepala Desa beserta jajaranya bersama masyarakat dalam membangun desanya,” kata Ketua Tim Penilai Lomba Desa ketika membacakan kata sambutan Bupati Bandung.

Menurutnya melalui kegiatan penilaian lomba desa kali ini, Kepala Desa beserta staf dapat memetik hikmahnya untuk intropeksi diri guna meningkatkan pelayanan. Serta dapat menjadi contoh dalam pembangunan Desa pada masa mendatang.

Sebab itu ia menegaskan perlombaan desa ini bukan semata mata untuk merebut juara. Namun dibalik itu terkandung maksud yang teramat mulia. Di antaranya sebagai upaya untuk mendorong usaha membangun masyarakat atas dasar tekad.

Serta kekuatan sendiri sekaligus mengevaluasi keberhasilan desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan. Misalnya dibidang kepemerintahan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat,  politik, keamanan dan sebagainya.

Keberadaan Desa Nanjung dalam menjalankan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan, hal ini tiada lain adalah untuk mensinergiskan seluruh kegiatan, baik yang datang dari usulan masyarakat maupun yang datang dari tingkat Kecamatan atau pun dari tingkat Kabupaten Bandung, sehingga dalam pelaksanaannya memperoleh dukungan dan kelancaran serta bekerjasama untuk peningkatan pembangunan di segala bidang, Pembangunan serta Kemasyarakatan yang dijalankan oleh Pemerintah Desa Nanjung tidak terlepas dari peran serta tiga pilar komponen masyarakat yaitu Pemerintah Desa, BPD dan LPM. kata Kepala Desa Nanjung dalam expose Kepala Desa Nanjung.

Apabila dilihat dari potensi yang ada, Desa Nanjung.  merupakan desa yang memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap dan memadai dalam menopang dan mendukung program IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Pada sektor Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Keamanan dan Ketertiban sarana , Partisipasi Masyarakat, Pemerintah Desa, Lembaga Kemasyarakatan,

Dengan adanya lomba Desa tingkat Kabupaten Bandung ini, kami Pemerintah Desa Nanjung Kecamatan Margaasih , berharap menjadi pemicu Pemerintahan Desa beserta masyarakat untuk lebih meningkatkan kinerja pembangunan desa yang didukung dengan partisipasi masyarakat di segala bidang pembangunan. Menjadi Juara dalam Lomba Desa ini bukanlah tujuan akhir bagi kami, namun demikian kami sangat berharap kunjungan Tim dalam melaksanakan pembinaan melalui Lomba di Desa Nanjung ini memperoleh kesan yang positif. Dengan lomba ini tentunya harapan kami Desa Nanjung bisa masuk Nominasi berikutnya, semoga di masa yang akan datang kami dapat memperbaiki segala kekurangan-kekurangan yang menjadi temuan Tim Penilai selama pelaksanaan lomba berlangsung. Sebagai bahan untuk penilaian ini, saya sampaikan data-data sebagai gambaran umum mengenai profil Desa Nanjung melalui Monografi Desa  Nanjung walaupun dalam penyajian data tersebut masih banyak kekurangannya, demikian akhir dar expose Kepala Desa Nanjung.

Pembangunan nasional adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan bernegara. Pembangunan akan berhasil dengan efektif apabila di suatu pihak ada Fasilitas, kemudahan-kemudahan dan sistem pelayanan yang disediakan pemerintah dan dilain pihak ada partisifasi aktif seluruh masyarakat. kata Ketua TP PKK Desa Nanjung Saadah Dariyah dalam expose TP PKK.

Kondisi keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti yang besar dalam proses pembangunan, karena kondisi keluarga dapat menjadi barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk gerakan Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)di setiap jenjang.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaanya dari, oleh, untuk masyarakat menuju terwujudnya Keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Adapun kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga meliputi 10 program PKK yang berkaitan dengan kegiatan PKK yang ada di kecamatan. Sehubungan dengan hal tersebut Tim Penggerak PKK Desa Nanjung setiap melaksanakan kegiatan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan Ibu Ketua TP PKK kecamatan dan pengurusnya, hal ini untuk memaksimalkan hasil Kegiatan dari 10 program PKK yang ada di desa Nanjung, tuturnya.

TP PKK Desa Nanjung

Dipost Oleh Super Administrator

Selama Kita masih punya TEKAD yang terpelihara dalam SEMANGAT, maka tiada kata TERLAMBAT untuk memulai AWAL YANG BARU

Post Terkait

Tinggalkan Komentar