Pendingin Sederhana Dari Pot Bunga

Pendingin Sederhana Dari Pot Bunga

Teknologi Tepat Guna sederhana berupa pendngin dari pot, sistem pendingin pot in pot dibuat dengan menempatkan pot yang terbuat dari tanah liat (Tembikar) ke dalam pot tembikar yang lebih besar. Ruang diantara kedua pot kemudian diisi bahan pasir basah yang terjaga kelembabannya. Evaporasi dari pasir basah pada ruang antara pot kecil dan pot besar menyebabkan efek dingin pada area dalam pot kecil. Sangat sederhana namun dapat berkerja sebagai pendingin.

Bahan dan Cara Membuat Pendingin Pot.

Bahan yang digunakan dalam membuat pendingin pot ini antara lain; dua buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dengan diameter 60 cm dan 40 cm, lem kayu, kain penutup, pasir, air secukupnya, dan stereofom.

Berikut ini adalah cara membuat pendingin dengan sistem pot-in-pot menggunakan bentuk pot yang sedikit berbeda dengan model pot yang digunakan secara umum.

Langkah keSatu

Siapkanlah dua buah pot besar dan kecil dengan bentuk yang sama berbahan tanah liat (tembikar), agar pot kecil dapat masuk secara tepat ke dalam pot besar. Jika ada lubang pada pot seperti yang sering kita jumpai, maka tutuplah terlebih dahulu lubang pot tersebut menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin.

Tempelkan pot kecil ke dalam pot besar menggunakan lem.Siapkanlah pasir atau bahan yang dapat dibahasi lainnya seperti pasir laut dsb.

Masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, basahi pasir mengguanakn air dan kemudian tutuplah ruangan tersebut menggunakan stereofom.

Langkah ke dua :

isikan air kedalam pasir, Air dalam pasir tersebut akan mengalami evaporasi, sehingga efek evaporasi ini akan mendinginkan ruangan di dalam pot. Demikianlah cara membuat sistem pendingin pot-in-pot.

 

 

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

Selama Kita masih punya TEKAD yang terpelihara dalam SEMANGAT, maka tiada kata TERLAMBAT untuk memulai AWAL YANG BARU

Post Terkait

Tinggalkan Komentar