Teknologi Desa Perlu Ditingkatkan

Teknologi Desa Perlu Ditingkatkan

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, meminta Dewan Riset Nasional untuk membantu dan memberikan acuan operasional ilmiah yang jelas dalam pengembangan teknologi perdesaan.

“Khususnya bagi pemanfaatan teknologi tepat guna yang dapat meningkatkan nilai tambah produk unggulan masyarakat,” kata Marwan dalam siaran persnya yang diterima jurnas.com, Rabu, (10/12).

“Melalui Dewan Riset Nasional, ke depan kiranya dapat dirumuskan rambu-rambu acuan operasional dan ilmiah yang jelas bagi terciptanya daya inovasi masyarakat desa melalui pemantapan ketiga unsur penguasaan, pemanfaatan, dan pemajuan Iptek (unsur kelembagaan, sumber daya, dan jaringan) di daerah,” kata Marwan.

Marwan mengatakan, dalam undang-undang tentang Desa disebutkan pula bahwa tujuan desa membangun adalah untuk mewujudkan perdesaan yang kuat, maju, mandiri, dan demokratis. Dalam konteks ini,  unsur kelembagaan Iptek yang terdiri atas unsur perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan, badan usaha, dan lembaga penunjang akan dapat mendukung empat fokus kegiatan desa.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa Iptek dan berbagai sektor pembangunan di Indonesia telah semakin seiring sejalan untuk mengubah kemajuan segala bidang. Kita tahu bahwa dengan Iptek peradaban dibangun. Dan dengan Iptek kehidupan manusia semakin berkualitas,” ucap Marwan.

http://www.jurnas.com/news/163547/Teknologi-Desa-Perlu-Ditingkatkan----2014/1/Bisnis/Ekonomi

Dipost Oleh Super Administrator

Selama Kita masih punya TEKAD yang terpelihara dalam SEMANGAT, maka tiada kata TERLAMBAT untuk memulai AWAL YANG BARU

Post Terkait

Tinggalkan Komentar