Profil Masyarakat Desa

Berdasarkan data desa jumlah penduduk Desa Nanjung sebanyak 16.461 orang. Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 5.961 KK.

Jumlah penduduk Desa Nanjung usia produktif pada tahun 2015 adalah 9.392 orang. Jumlah angkatan kerja tersebut jika dilihat berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut:

No Angkatan Kerja Jumlah
1 Taman Kanak Kanak 403 orang
2 Sekolah Dasar / Sederajat 2400 orang
3 SMP / Sederajat 1807 orang
4 SMA / Sederajat 1020 orang
5 Akademi / D1-D3 850 orang
6 Sarjana S1 46 orang
7 Sarjana S2 24 orang
8 Sarjana S3 2 orang

 

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Nanjung sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Nanjung kerap menggelar acara peringatan dan karnaval budaya dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. Sebagian besar warga Desa Nanjung.

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap Setiap Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda di Desa Nanjung yang tergabung dalam kelompok pegiat Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan.

Profil Politik masyarakat

Masyarakat Desa Nanjung sudah mengenal sistem demokrasi, selain ikut aktif berpartisipasi dalam proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2014 lalu, mereka juga ikut berpartisipasi dalam pemilihan Kepala Daerah atau proses pemilukada baik untuk memilih Gubernur dan Wakilnya, Bupati dan wakilnya hingga pada pemilihan Kepala Desa Nanjung. Tidak hanya keikutsertaan masyarakat yang aktif terlibat dalam pesta demokrasi untuk pemilihan kepala daerah, proses pembelajaran bidang politik bagi masyarakat di desa Nanjung juga difasilitasi oleh keberadaan lembaga politik dengan didirikannya kesekretariatan Partai Golkar,Partai PDIP,Partai Demokrat,Partai P3,Partai PAN,Partai PKB. Partai PKS.