Profil Wilayah Desa

Desa Nanjung termasuk wilayah Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung yang berada di sebelah utara Ibukota Kabupaten Bandung Jumlah Penduduk Desa Nanjung sebanyak 17.596 orang, jumlah Laki - laki sebanyak 9.125 orang, Perempuan sebanyak 8.471 orang dengan tingkat kepadatan Penduduk 21 perKM, Mayoritas penduduk Desa Nanjung beragama muslim atau seluruhnya menganut agama Islam, Mata pencarian masyarakat Desa Nanjung pada umumnya bergerak di bidang pertanian, jasa dan perdagangan. Karena Desa Nanjung merupakan daerah penyangga kota Maka Mata pencaharian penduduk 90% adalah petani dan buruh Pabrik, Masyarakat Desa Nanjung sudah mengenal sistem demokrasi, selain ikut aktif berpartisipasi dalam proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2014 lalu, mereka juga ikut berpartisipasi dalam pemilihan Kepala Daerah atau proses pemilukada baik untuk memilih Gubernur dan Wakilnya, Bupati dan wakilnya hingga pada pemilihan Kepala Desa Nanjung. Tidak hanya keikutsertaan masyarakat yang aktif terlibat dalam pesta demokrasi untuk pemilihan kepala daerah, proses pembelajaran bidang politik bagi masyarakat di desa Nanjung juga difasilitasi oleh keberadaan lembaga politik dengan didirikannya kesekretariatan Partai Golkar,Partai PDIP,Partai Demokrat,Partai P3,Partai PAN,Partai PKB. Partai PKS.

Batas-batas :
Utara                      : Desa Margaasih Kecamatan Margaasih
Timur                      : Desa Cigondewah Hilir Kecamatan Margaasih
Selatan                   : sungai citarum lama berbatasan dengan Desa Gajah Mekar Kecamatan Kutawaringin
Barat                      : Sungai Citarum berbatasan dengan Desa Jelegong Kecamatan kutawaringin
Luas Wilayah Desa Nanjung  319.828 Ha

Peta Desa:

Peta

Jarak Desa Nanjung ke Ibu Kota Kecamatan Margaasih 3 KM, ke Ibu Kota Kabupaten 14 KM sedangkan ke Ibu Kota Propinsi 30 Km.

Desa Nanjung di pimpin Oleh Kepala Desa yang bernama Dian Irawan,SE yang relatif masih muda dan enerjik, Kesekretariatan Desa dengan Sekdes  yang bernama Uden Maman Suteja. Kelembagaan Desa Nanjung terdiri dari BPD, LPMD, MUI, Karang Taruna dan PKK.

Potensi Desa Nanjung banyaknya Sumber Daya Manusia, pengolahan Bahan Bangunan,Jasa dan perdagangan.

Visi Desa Nanjung

" terwujudnya Masyarakat Desa Nanjungyang Repeh, Rapih, Kertaraharja dengan berorientasi pada Peningkatan Kinerja Pembangunan Desa "

Misi Desa Nanjung

  1. "Mewujudkan Kepemerintahan yang baik,"
  2. "Memelihara Stabilitas Kehidupan Masyarakat yang Aman, Tertib, Tentram dan Dinamis,"
  3. "Meningkatkan Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi Masyarakat,
  4. "Memanfaatkan Kesalehan sosial berdasarkan Iman dan Taqwa,
  5. "Menggali dan Menumbuhkan kembangkan Budaya Sunda,
  6. "Menjaga dan memelihara pembangunan berkelanjutan"

Arah kebijakan Pembangunan Desa :

adalah pembangunan yang berorientasi kepada masyarakat. Segala prioritas pembangunan diarahkan kepada pembangunan dan upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan masyarakat untuk turut serta membangun Desa Nanjung.

Kondisi sosial masyarakat Desa Nanjung yang masih kental sifat kegotongroyongannya sangat mendukung proses pembangunan Desa Nanjung. Kondisi ekonomi dan keadaan sarana prasarana Desa Nanjung sangat menuntut agar arah pembangunan benar-benar difokuskan pada pembangunan masyarakat, upaya mewujudkan kesejahteraan dan penciptaan kemandirian masyarakat.

Strategi pencapaian : program-program desa dilakukan dengan mengikutsertakan sebesar-besarnya partisipasi masyarakat, menggunakan kesadaran masyarakat untuk turut serta mengorbankan baik tenaga maupun dana untuk mensukseskan pembangunan, dengan nilai yang melandasi.

"Desa Nanjung adalah desa yang didukung oleh potensi pertanian dan Pengusaha Conblok sebagai mata pencaharian utama masyarakatnya",

"Semua masyarakat Desa Nanjung adalah masyarakat yang beragama Islam yang religius",

"Bandung merupakan suatu Kabupaten yang sangat menjunjung nilai-nilai budaya Sunda".

Makna yang terkandung peran Pemerintah dalam mewujudkan Desa NANJUNG yang Repeh, Rapih, Kertaraharja dengan berorientasi pada Peningkatan Kinerja Pembangunan Desa, Desa Nanjung adalah satu kesatuan masyarakat hukum dengan segala potensinya dalam sistem pemerintahan di wilayah Desa NANJUNG, Masyarakat adalah suatu kumpulan individu yang berinteraksi dalam wilayah Desa Nanjung sebagai masyarakat yang beriman, bertaqwa, sehat, cerdas dan berwawasan jauh ke depan, Pertanian bahwa sektor pangan adalah hal utama dalam perekonomian Yang menunjang kehidupan masyarakat Desa Nanjung.